Jalan – Jalan ke Perpustakaan

Gegara di FB banyak yang share tentang perpustakaan daerah di TIM, akhirnya sabtu kemarin kita kesana deh.

Lokasinya ada di TIM , cikini.

Kalau dilihat dari gedungnya sih, ini gedung baru ya. Posisi nya ada di sebelah kanan setelah ambil karcis parkir.

 

IMG-20150822-WA0022

Begitu masuk gedung, udah berasa gedungnya bersih dan terawat. Sepanjang lorong banyak ditempel lukisan anak anak. O ya, ada mesin buat balikin buku mandiri loh (kayak semacam ATM setoran) keren ya.

Sebelum naik ke lantai atas, pengunjung akan di data dulu dan menukarkan kartu identitas dengan kunci loker. Selama kita di perpustakaan, dilarang membawa tas, makanan & minuman. Jadi semua ditaruh diloker.

Ehm tadi aku liat sih ada beberapa orang yang nenteng tas transparant ke lantai atas, karena ya tau sendiri ya wanita terlebih emak emak  perlengkapan perangnya buanyakkk & pasti gak muat kalau pegang di tangan (Dompet, HP, tisu basah anak, tisu kering, dll).

Lokernya menurut aku sih besar ya, lebih besar daripada loker-loker yang ada di water park hehehhe

 

IMG_20150822_150319

Oh ya, kalau punya KTP DKI kita bisa bikin kartu anggota. Syaratnya hanya kasih fotocopy KTP ya, kalau anak – anak bisa pakai fotocopy KK (sayangnya di sini belum ada mesin fotocopy, jadi kita harus siapin dari rumah atau ke tempat fotocopy terdekat).

1 no anggota boleh pinjam bawa pulang 2 buku untuk 2 minggu loh, wahh bakal jadi agenda rutin mami Rika nih ke perpustakaan.

Perpustakaan ini terdiri dari 4 lantai,

Lantai Dasar = Lobby & pendaftaran,

Lantai 1 = Buku umum,

Lantai 2 = Buku Anak,

Lantai 3 = Nursery Room (kemarin gak sempet intip, jadi gak bisa foto deh)

 

Di lantai 2, selain terdapat aneka macam buku, ada beberapa meja & kursi warna warni untuk anak anak dan ada juga banyak mainan anak – anak terutama mainan –  mainan kayu. Selain itu ada area playground untuk anak di bawah 5 tahun.

IMG_20150822_150433

IMG_20150822_150430

 

Area playground sendiri luas banget dan dilengkapi area mandi bola sederhana. Disini ada juga mobil- mobilan aki, motor aki, scooter, sepeda kecil dll.

IMG-20150822-WA0018

Tapi sayangnya area playground ini dirancang semi outdoor , jadi ya agak agak panas sih apalagi sekarang lagi super hot banget mataharinya. Tapi ya overall fasilitas perpustakaan ini sudah cukup bagus kok (jadi gak berasa sia – sia bayar pajak, karena dipake dengan bijak hehehe).

Secara kebersihan & kerapihan, sebenarnya menurut aku ya pada dasarnya tempat ini bersih. Tapiii karena banyak yang pergi dan tingkat kesadaran untuk merapikan mainan sangat minim jadi ya gitu deh hehehee. Aku sih langsung mikir, ini mba mba & mas mas yang jaga perpustakaan sih hebat loh sanggup rapiin nya hehhee.

Disitu sih jelas banget di tulis “harap mengembalikan mainan & buku ke tempat semula” tapi ya pada prakteknya masih banyak yang main dan ya udah ditinggal begitu aja.

Saran aku nih ya, untuk temen – temen yang mau ajak anak – anak nya kesana yuk kita ajarin juga anak – anak kita disiplin mengembalikan buku & mainan ke tempat semula. Gak masalah kalau kita terlihat “aneh” dan berbeda, karena 1 tindakan kecil kita akan sangat nolong buat meringankan pekerjaan petugas perpustakaan, dan selain itu kita juga jadi mengajarkan nilai nilai bertanggung jawab ke anak kita.

IMG-20150822-WA0026

Aku agak sedikit terganggu sih sama pemandangan ada beberapa orangtua yang asik aja tiduran di lantai deket rak buku & menghalangi orang yang mau ambil buku. Jangan di tiru ya teman teman hehehe. Selain itu sedih juga sih mainan – mainan pada berantakan & ilang ilangan pasangan nya, walaupun fasilitas ini gratis tapi kan ya hayuk dipelihara rame rame.

Kalau untuk urusan buku – buku, bukunya banyakkkk dan bagus bagus, ada buku lokal & buku import. Aku kesenengan nemu buku import dogeng anak (ini kalau di Gramed mahal loh) hahaha.

IMG_20150822_161538

IMG_20150822_161532

 

Budget beli buku yang mahal – mahal bisa di kurangin nih, gak usah beli, kita pinjem aja di perpus ya nak.

Secara keseluruhan sih perpustakaan ini keren banget.

Makasih ya pemerintah daerah ku, kalian sudah menyediakan fasilitas edukatif yang keren begini.

 

Yukkkk jadikan membaca menjadi hobi anak anak kita, karena buku adalah jendela pengetahuan dunia.

Note:  mami gak sempet ke lt 1 nih, sapa tau ya banyak buku resep import.

Ehm.. kalau ada pojok kecil buat baca buku sambil ngeteh enak kali ya (ngebayangin duduk di sofa empuk  sambil baca buku + ngemil Tan Ek Tjoan + teh panas)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + six =