Punya anak batita 1,5 tahun itu ya susah susah gampang ya.

Susah karena ya ini lagi masa masa kritis perkembangan emosi dan karakternya.

Salah didik dikit aja, bisa berabe ujungnya. Jadi ya harus hati – hati banget ajarinnya ya.

Salah satu contoh nya yaitu mendidik bertanggung jawab.

Hari ini , si bocah keukeuh mau pegang sendiri susu UHT nya dan berujung tumpah kemana – mana.

Karena umur dia masih terlalu kecil buat gw suruh lap, akhirnya gw lap sendiri tapi dia yang harus buang tissue bekas lap nya.

Awalnya ya nolak, lari ke bokapnya, biasaaaa minta perlindungan.

Tapi karena gw dan suami udah sepakat harus satu suara, jadi ya gak ada yg belain deh hihihihihi.

Gw kasih pilihan, “kalau gak mau buang, kamu bobo┬ásendiri di kasur bawah, gak bobo sama mami”

ehhhh ternyata dia ngerti loh, langsung deh dia ambil tuh tissue dan buang ke tempat sampah.

Horeeee berhasillll

Jadi parents, biasain deh ajak anak anak buat bertanggung jawab sedini mungkin.

Arahin pelan – pelan, sebenarnya mereka ngerti kok apa yang kita maksud.

Kunci nya cuma harus berani *tega* dan mama & papa satu suara (gak ada yg bela).

 

Parenting – Belajar Bertanggung Jawab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight + 5 =