Pay4Plastic (Plastik berbayar)

Selamat hari sampah! no more free plastic bag!

Bulan Februari 2016, tepatnya tanggal 20 Feb mostly seluruh merchant dan supermarket di Jabodetabek sudah tidak memberikan plastik belanja dengan cuma cuma. Kamu mau plastik untuk bungkus barang belanjaanmu? Eittss, bayar dulu Rp. 200. Kaget juga ya?

Di Indonesia pun telah banyak yang menyadari pentingnya permasalahan ini dan telah terdapat berbagai inisiatif untuk mengatasi permasalahan plastik atau kantong plastik secara khusus, salah satunya yaitu Kampanye Diet Kantong Plastik yang digulirkan dan dimulai dari Kota Bandung pada tanggal 30 Oktober 2010. Hingga saat ini berkembang menjadi Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP) dan mengaktifkan banyak kampanye di berbagai daerah se-Indonesia.

Kota Bandung adalah kota pertama di Indonesia yang membentuk Perda Kota Bandung 17/2012 tentang ‘Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik yang Tidak Ramah Lingkungan’, gerakan ini terus dikembangkan supaya dapat bergulir berkelanjutan hingga terwujud Indonesia Bebas Sampah. Hasil kolaborasi dari berbagai pihak yaitu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), BPLH Kota Bandung dan PT Circleka Utama di akhir tahun ini ingin meluncurkan program terdekat yakni penerapan ‘Kantong Plastik Berbayar’ atau #Pay4Plastic

Ya memang, demikian peraturan pemerintah yang akhirnya dilakukan juga hari ini, bertepatan dengan hari sampah nasional. Belum lama kita dengar kampanye nya, sekarang akhirnya terlaksana juga. Pemerintah cepat tanggap juga ya?

Bagaimana tidak? Indonesia adalah penghasil sampah plastik no 2 di dunia selain Tiongkok. Sampah yang tidak bisa terurai lho dalam puluhan tahun. Bahaya banget kan tuh?

Melaksanakannya juga gak mudah lho. Maklum orang Indonesia, terbiasa praktis dan gak mau repot. Cuma 200 harganya ? Pasti tetap dibeli juga kan? Jangan kayak orang susah deh, pastinya gitu pikiran kita. hehehehe… Ini namanya merubah mindset dan pola pikir lho. Kalau dulunya kita gak mau pusing karena plastik murah, sekarang berpikir 2 kali deh karena sampah plastik tidak akan terurai dalam jangka waktu lama dan itu tandanya merusak bumi ini. Serem kan?

Jadi mulai sekarang biasakan ya untuk membawa plastik sendiri dari rumah saat berbelanja. Jangan lupa itu ya!

 

sumber : www.kerjadirumahaja.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight + 20 =