Playdate sambil bahas Loose Part

Hari minggu kemarin, 10 Januari 2016, berkesempatan playdate dengan Mba Nia yang IG nya Busylittlebunnies.

Duhhh Mba ini superrr ramah & baikkkk banget, dari ngamatin Mba Nia ngeladenin anaknya main duhh lemah lembut & keibuan banget deh. Mba Nia ini dulunya 10-11 tahun jadi guru dan udah pasti ilmunya banyakkkk ya.

 

1452469756170

 

Jangan membatasi kreatifitas & imajinasi anak

Sering ya tanpa sadar kita tuh ngomong gini “yuk kita bikin rumah” or something like that lah nah dengan begitu kita akan membatasi anak “ooo kalau bahan ini hanya bisa di bikin rumah”.

Yang baik adalah kita duduk main bareng bersama si anak dan posisi kan diri kita adalah anak – anak. Sambil main kita sambil ngomong sendiri “aku bikin rumah ah, dindingnya bikin dari stik es krim , terus warna rumahnya…….”

Duhhh baru tersadar , selama ini aku terlalu banyak pake ilmu “nyap nyap” kalau ngajak main.

 

Kemarin kita bahas tentang LOOSE PART, pada intinya loose part adalah benda apapun yang bisa di gunakan sebagai media bermain anak dan menciptakan open ended play , mainan yang tidak terbatas, bisa berkembang jadi apa aja sesuai imajinasi anak.  Salah satu contohnya adalah Lego Block.

Aku sendiri, sejak mulai menimba ilmu di IG tentang Montenssori dll, mulai teliti dalam membeli mainan. Mainan yang aku beli harus bisa punya manfaat & bisa jadi alat belajar, gak harus mahal yang penting bermanfaat & bisa di pake lama. Tapi sebenarnya mainan G tuh gak banyak loh, mainan favorit G adalah seisi dapur hahahaa

Kemarin juag sempet nanya sama Nia, gimana ya cara ngajak bermain sambil belajar G yg hobby nya adalah “memasak” segala mainannya? Lego kecil kecil, beads, macaroni, beras warna warni selalu berakhir indah di kuali hohohohohoo.

PicsArt_01-12-12.33.49

 

Kalau saran Nia, bisa di kembangin ke ajak masak beneran atau main masak masakan. Misal mami masak 1 bakso, 2 bakso dst. Kue mami warna merah, rasa strawberry atau bisa juga bermain ukuran seperti 1 cup tepung, 2 cup air  dll

At the end, semua balik lagi ke anaknya ya. Follow the child deh, anak mau main apa & gimana, selama gak berbahaya ya udah biarin aja. Dan jangan takut anak bermain kotor, karena dari sana anak bisa sambil belajar.

 

Xoxo

Rika / a work at home mom

11 Jan 2016

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × three =