Resep – BALADO JENGKOL TERI

Duhhh duhh duhhh Jengkolllll aka Kancing Lepis

Walaupun aroma nya aduhaii tapi ini makanan yang top markotop rasanya. Rika lebih suka steak atau jengkol? Jengkol jawabannya wkwkwkkwk.

Seumur umur ya, baru kali ini loh aku masak jengkol. Dari dulu itu kebayang masak jengkol itu susah, rumit, banyak step nya, takut gak bisa dll. ihhhh padahal yeee gak tau nya gampang banget. Ya bener kata pepatah “Banyak takut bikin gak maju maju”.

 

Singkat cerita ya, kemarin itu ke pasar liat jengkol semok semok menggoda duhhh gak kuat iman, nekat beli 1/2 kilo buat nyoba. Dari pas di pasar udah kebayang bayang nih itu jengkol mau di masak balado aja + pas di rumah ada stok teri.

Iya, sejak aku kerja di rumah aja aku jadi punya lebih banyak waktu untuk masak dll. Jadi yah gak ada salahnya coba masak jengkol, kalau sampai gak berhasil ya udah pasrah hahaha.

Btw ya temen temen mohon maaf ya, aku kalau masak gak pernah pake takaran, selalu pake perasaan & ilmu kira kira. Jadi nanti temen temen adjust sendiri ya takaran bumbunya, dan buat masak jengkol ini aku seneng yang bumbu banyak biar makin maknyus.

“Bumbu terenak adalah bumbu yang di uleg, bukan di blender”

 

PicsArt_01-14-10.32.56


 

Step 1 : Cara Pengolahan Jengkol

  • Rendam Jengkol semalaman ,
  • Didihkan air, masukan jengkol & rebus sejenak lalu buang airnya,
  • Didihkan air baru lagi, masukan jengkol,
  • Rebus sampai empuk (gak lama kok, 1/2 jam juga udah empuk), matikan api,
  • Kupas kulit yang masih menempel,
  • Keprek dengan ulegan supaya agak lebih pipih & empuk,
  • Jengkol siap di olah.

Jengkol di rendam & di rebus 2 kali tujuannya supaya gak terlalu bau ya temen temen….


 

Step 2 : Bahan & Cara Masak

Bahan :

  • 250 gr Jengkol Tua
  • 50 gr Ikan teri kecil, cuci bersih lalu goreng
  • 20 siung bawang merah
  • 6 siung besar bawang putih
  • 10 cabe merah + 5 rawit merah (sesuaikan selera pedas ya)
  • Garam
  • Gula
  • Micin (optional)
  • Sedikit air
  • Minyak untuk menumis

Cara Memasak :

  • Haluskan bumbu bumbu,
  • Panaskan minyak & tumis bumbu halus,
  • Tambahkan garam & gula,
  • Jika bumbu sudah matang & harum, masukan jengkol, aduk rata
  • Tambahkan sedikit air & diamkan sebentar sampai air habis & bumbu meresap
  • Kecilkan api, masukan teri, aduk rata.
  • Sajikan bersama nasi panas

 

Tips : Pilihlah Jengkol yang Tua ya

Taraaaaa Balado Jengkol sudah siap di makan & selamat nambah nasi ya ehhehee. Kalau masak banyak, bisa di simpan di beberapa kotak dengan ukuran per sekali makan ya. jadi gak keluar masuk kulkas Jengkolnya.

Akhirnyaaaa keinginan makan jengkol terpuaskan sudah, maklum lah kerja di rumah aja tuh bikin susah pergi jajan, sehari hari ya makan masakan rumah yang which is gak pernah masak jengkol sebelumnya hohohohoho.

 

Salam Jengkol & Nasi Panas,

Rika Margaretta

16.01.2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × three =