Simpel, Tapi Cara Ini Bikin Ortu Tetap Dekat dengan Anak Meski Sibuk KerjaKedekatan dengan orang tua bisa membuat anak-anak merasa nyaman dan percaya diri bahkan ketika mereka menghadapi masalah. Hanya saja, kendalanya ketika orang tua bekerja dan kadung menganggap tidak punya banyak waktu untuk menjalin kedekatan atau attachment dengan buah hatinya.

“Tanpa disadari, banyak hal yang membuat kita terpisah dengan anak daripada membuat kita lebih dekat dengan dia. Tak adanya waktu dan kesibukan orang tua sering dianggap sebagai penyebab tak tersedianya waktu agar orang tua makin dekat dengan anak,” tutur psikolog perkembangan anak dari Kanada, dr Gordon Neufeld yang juga penulis ‘Hold On to Your Kids’.

Padahal, menurutnya kedekatan dan attachment anak dengan orang tuanya sangat penting. Ketika tidak ada kedekatan, maka kepercayaan anak dengan orang tua menipis dan hubungan di antara keduanya melemah. Nah, untuk tetap dekat dengan anak meski ayah atau ibu bekerja, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Meski terlihat sepele, mengedipkan mata pada anak, membuat mimik wajah lucu, tos dengan anak, memberi acungan jempol serta pesan non-verbal lain bisa menumbuhkan koneksi antara orang tua dan anak. Bentuk komunikasi verbal seperti mengatakan orang tua sayang pada anak sebelum mereka tidur juga ampuh mendekatkan hubungan anak ke orang tuanya.

Baca juga: Agar Ayah Lebih Dekat dengan si Kecil, Lakukan 8 Hal Ini

“Cium jauh, menciptakan malaikat imajiner yang akan menjaga serta mengawasi mereka saat Anda tak di rumah, kemudian menaruh foto Anda berdua di gantungan tasnya juga bisa membuat hubungan Anda dengan anak tetap dekat walaupun jauh secara fisik,” lanjut Neufeld seperti dikutip dari Essential Kids pada Selasa (1/12/2015).

Hanya itu saja? Tidak. Masih ada hal lain yang amat sepele tapi punya dampak besar di mana anak merasa Anda dekat dengannya. Contohnya saja, ketika anak makan sesuatu, Anda ikut mencomot makanan itu bahkan tak masalah meski anak menanggap Anda sudah makan makanan ‘bekas’nya.

Sebelum berangkat kerja, ayah atau ibu juga bisa menempelkan gambar lucu di cermin kamar anak atau di tempat makan mereka. Orang tua juga bisa menuliskan pesan-pesan penuh kasih ketika harus meninggalkan anak sebelum ia bangun tidur. Nah, saat waktu libur ciptakan sebanyak mungkin momen tertawa bersama.

“Secara spontan, bergabunglah dengan anak ketika mereka mengerjakan hobinya termasuk juga ketika mereka menyaksikan acara TV favoritnya dan jadikan acara Tv itu sebagai topik obrolan,” tambah Neufeld.

Ia menekankan, dekatnya hubungan dengan orang tua membuat anak merasa dicintai dan lebih aman di dunia mereka. Termasuk ketika mereka harus dihukum karena melakukan kesalahan, kedekatannya dengan ayah atau ibu membuat mereka bisa belajar lebih baik dari kesalahan yang mereka lakukan.

sumber : detikHealth
Simpel, Tapi Cara Ini Bikin Ortu Tetap Dekat dengan Anak Meski Sibuk Kerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two + ten =